Update, CPNS 2018 – Pemkab Rokan Hulu Tersedia 278 Formasi | CPNS 2019

Posted on

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Maret 2019 mendatang.

Jumlah lowongan CPNS yang disediakan mencapai 100 ribu formasi.

Hal itu disampaikan Menpan RB, Syafruddin saat ditemui sebelum rapat evaluasi penerimaan CPNS tahun 2018 bersama Komisi II DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

“2019 nanti Maret ada lagi penerimaan CPNS. (Instansinya) seperti 2018 tapi jumlahnya tidak sebanyak 2018. 2018 itu 238 ribu, kalau 2019 itu 100 ribu,” kata Menpan RB, Syafruddin.

Dia menambahkan pihaknya akan menyampaikan laporan hasil evaluasi dari penerimaan CPNS tahun 2018 kepada Komisi II DPR.

Menurutnya, penerimaan CPNS tahun 2018 adalah yang terbesar sepanjang sejarah.

“Evaluasi penerimaan CPNS, ya pelaksanaannya. Tidak ada gonjang ganjing, mulus kok. Sudah selesai, tidak ada apa-apa. Paling mulus sepanjang sejarah pelaksanaan tes CPNS ya tahun 2018 itu dan itu yang terbanyak sepanjang sejarah, 238 ribu (formasi),” jelasnya.

Untuk diketahui, pada tahun 2018 lalu jumlah formasi CPNS yang dibuka pemerintah sekitar 238.015.

Posisi yang dibuka oleh beberapa instansi, dengan rincian 51.271 untuk formasi di instansi pusat dan 186.744 untuk instansi daerah.



Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

‎TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN-Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pastikan membuka 278 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018.

Dimana, sebagian besar formasi, yakni sebesar 60 persen dibuka untuk tenaga pendidik, Untuk 278 formasi CPNS 2018 telah diumumkan di website resmi Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Rohul, bisa diakses di alamat bkpp.rokanhulukab.go.id atau bkd.rokanhulukab.go.id terhitung hari ini, Rabu (19/9/2018).

Kepala BKPP Rohul Muhammad Zaki S.STp, melalui‎ Kepala Bidang Perencanaan Kepegawaian Heni Widiastuti, menerangkan instansinya baru bisa mengumumkan setelah keluarnya Pengumuman Bupati Rohul Nomor: 800/BKPP-UM/39.12/2018, tentang Seleksi Penerimaan CPNS di Lingkungan Pemkab Rohul tahun anggaran 2018‎.

Ia menambahakan, berdasarkan pengumuman, Pemkab Rohul membuka 278 formasi CPNS 2018, terdiri dari 274 formasi untuk peserta umum, 2 formasi untuk penyandang disabilitas, dan 2 formasi untuk eks tenaga honorer Kategori 2 (K2) yang pernah mengikuti ujian tahun 2013.

“Jadi ‎ 276 formasi umum dibuka, terdiri 195 formasi tenaga guru, 51 formasi tenaga kesehatan, dan 30 formasi tenaga teknis,” katanya kepada Tribunrohul.com, Rabu (19/9/2018).

Heni mengaku, sebagian besar formasi CPNS 2018 dibuka untuk tenaga pendidik, karena di tahun 2017 lalu pemerintah pusat telah buka penerimaan CPNS untuk Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT).

Diterangkanya, awalnya BKPP Rohul mengajukan 325 formasi untuk CPNS 2018 ke Menpan Reformasi Birokrasi. Namun hanya 278 formasi yang disetujui.

Lebih lanjut dijelaskanya, ada 47 formasi dicoret oleh Kemenpan RB yakni untuk Tenaga Bidan dan Perawat, sebab di tahun sebelumnya pemerintah sudah buka CPNS untuk tenaga kesehatan.

“Sebagian besar formasi yang dikurangi yakni Bidan dan Perawat, karena sebelumnya sudah ada pengangkatan Bidan PTT pada tahun 2017,” imbuhnya.

Setelah diumumkan, terangnya, calon peserta penerimaan CPNS formasi umum bisa mulai mendaftar secara online mulai 26 September sampai 10 Oktober 2018 melalui website resmi BKN di alamat sscn.bkn.go.id.

Heni menuturkan, bagi calon peserta CPNS yang lulus administrasi akan mengikuti ujian dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) bekerjasama dengan BKN Kantor Regional XII BKN di Jalan Hang Tuah Ujung, Kota Pekanbaru.

Diakuinya, sebelum pengumuman tidak sedikit masyarakat yang datang ke Kantor BKPP Rohul soal penerimaan CPNS 2018, termasuk ada yang menanyakan formasi dari K2.

Dikesempatan tersebut, Heni mengimbau seluruh masyarakat Rohul untuk berhati-hati adanya pembukaan CPNS 2018. Ia mengatakan seluruh proses CPNS tidak dipungut biaya apapun. Bahkan Pemkab Rohul tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun dari oknum-oknum yang mengaku dari Tim Pengadaan CPNS.

“Kita juga meminta masyarakat jangan mudah percaya bila ada oknum yang mengaku bisa membantu dalam setiap proses seleksi dengan keharusan menyediakan uang dalam bentuk apapun,” imbaunya.

Menurutnya, kelulusan peserta di test CPNS bukan berdasarkan kedekatan, namun merupakan hasil test dan prestasi tersendiri, sehingga tidak ada yang bisa meluluskan kecuali diri sendiri.

Pelamar juga diminta melengkapi persyaratan sesuai aslinya. Sebab, apabila ada pelamar yang memberikan keterangan atau data yang tidak benar‎ dan diketahui di kemudian hari atau bahkan setelah dinyatakan lulus, maka Pemkab Rohul bisa menggugurkan CPNS-nya.

“Bahkan bisa dilaporkan ke Kepolisian karena memberikan data palsu,” tegasnya.

Terkait persyaratan, Heni mengatakan untuk salah satu persyaratan, bagi pelamar dengan KTP Rohul, Indek Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,5.‎ Pelamar dari luar Rohul namun masih Provinsi Riau, IPK minimal 3,0, sedangkan bagi pelamar dari luar Provinsi Riau IPK minimal 3,5.

Selain itu, ‎BKPP Rohul juga sediakan formulir untuk calon peserta CPNS untuk mengisi pernyataan khusus diatas materai 6000, bahwa siap mengabdi di Pemkab Rohul selama 10 tahun.

Selanjutnya, bagi pelamar CPNS yang lulus di Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) kemudian akan diundang di Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Bagi pelamar yang lulus harus memenuhi bobot nilai 40 persen di SKD dan bobot nilai 60 persen di SKB.

“‎Masyarakat harus rajin-rajin untuk mengunjungi website resmi BKPP Rokan Hulu,” himbaunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *